Menghindari Sakit Hati (Karena Cinta)

Kamis, 05 Juli 2012

Apakah cinta harus memiliki? Apakah cinta itu indah? Apakah cinta itu menyakitkan? Kenyataannya tidak sedikit yang mengkambing hitamkan CINTA atas jatuh dan tersakitinya mereka. Jika kamu pernah atau sedang merasakan sakit hati, dikhianati pasangan, atau cinta segitiga dengan sahabat, apakah itu indah? Mengapa bisa terjadi?

Banyak sekali yang mendefinisikan cinta. Cinta itu harus memiliki atau cinta itu tidak harus memiliki? Mana yang benar? Untukku “Cinta adalah penghargaan tertinggi terhadap seseorang atau sesuatu”. Kita bisa juga mencintai sesuatu seperti peliharaan atau mainan.
Saat mencintai maka kita akan mencurahkan seluruh perhatian dan kasih sayang kita. Misalnya ketika SMP aku sangat mencintai kucingku, memberinya makanan yang bermutu, memandikannya, dan bermain dengannya setiap saat.

Cinta tumbuh dan berkembang dari pengorbanan sang PEMILIK. Kenapa banyak yang sakit hati? Jangan pernah lupa bahwa pada saat PDKT atau pacaran, kita belum bisa bicara tentang kepemilikan. Apa benar kamu sakit karena cinta? Atau sakit hati karena hasrat? Hasrat untuk memiliki, hasrat untuk melindungi, dan hasrat untuk menjaga selamanya. Hasrat itu berbeda dengan cinta. Hasrat itu seperti anak kecil yang menginginkan mainan impiannya namun disisi lain orang tuanya tidak memberinya.

Siapa sih yang mau sakit hati? Ga ada kan ! Maka dari itu ketika pacaran atau PDKT, jangan bicara tentang cinta karena memang belum saatnya. Cinta itu sesuatu yang kita berikan untuk sesuatu yang telah kita miliki.

Sakit hati timbul ketika kita mengorbankan sesuatu untuk sesuatu atau seseorang namun kamu justru kehilangan orang tersebut. Lebih ironis lagi kamu berkorban untuk seseorang atau sesuatu yang jelas-jelas bukan milikmu. Sama saja kamu beramal kepada fakir miskin namun mengharap sesuatu dari fakir miskin.

Salah satu cara utuk menghindari sakit hati adalah berhenti berharap atas sesuatu yang belum jadi milikmu. Janganlah berkorban yang tidak perlu untuk mendapatkan pasangan yang kamu inginkan. Pengorbanan tanpa keikhlasan akan memungkinkan adanya penyesalan di belakang.

Cinta sangat jauh berbeda dengan hasrat memiliki. Bedakan juga rasa suka, cinta, dan sayang. Jangan pernah lupa bahwa cinta sepihak dan cinta buta sangatlah tidak sehat. Jangan pernah mencinta seperti anak kecil yang buta.
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=13340834

2 komentar:

  1. makasih gan atas infonya, dan salam kenal aza

    BalasHapus
  2. very interesting article that covered, thanks for sharing already

    BalasHapus