Don Ritchie, Pria yang Sudah Menyelamatkan 160 Orang Dari Percobaan Bunuh Diri

Rabu, 25 Juli 2012

 
Namanya Don Ritchie, usianya sudah 84 tahun. Orang-orang disekitar tebing The Gap menjulukinya dengan sebutan “an angel walks among us”. Kenapa? Karena ia sudah menyeamatkan sekitar 160 orang dari bunuh diri (itu hanya angka yang resmi, perkiraanya Ritchie sendiri mengatakan bahwa ia sudah menyelamatkan sekitar 400 orang).
Tebing The Gap yang terletak di Watson bay, Sydney memang dikenal sebagai salah satu tempat favorit untuk bunuh diri. Sudah banyak orang bunuh diri di tebing ini karena dinilai tebingnya sangat tinggi dan sepi. Dan kebetulan Rumah Don Ritchie terletak persis di sisi seberang jalan dekat dari titik melompat tebing.
Ritchie bangun setiap pagi dan melihat keluar jendela untuk memastikan apakah ada orang yang berdiri sendiri dengan posisi yang terlalu dekat dengan bibir tebing. saat itulah ia mengajak berbicara orang itu dan mengajaknya minum teh sembari memberikan petuah tentang betapa berharganya hidup ini.
Dengan caranya itu, ia sudah berhasil menggagalkan ratusan percobaan bunuh diri. Namun begitu, ia pernah juga gagal dalam menyelamatkan orang dari percobaan bunuh diri. saat itu ia sudah berhasil mengajak orang yang ingin melompat tebing, namun tiba-tiba, orang itu menolaknya dan berbalik ke arah tebing dan melompat. Saat itu perasaan Don Ritchie serasa hancur. Karena ia merasa gagal untuk menyelamatkan nyawa seseorang.
Dan atas jasanya itu, ia pernah diberi medali penghargaan oleh pemerintah Australia.

http://www.beritaunik.net

2 komentar:

  1. informasi yang sangat menarik, salam kenal az gan

    BalasHapus
  2. very interesting article that covered, thanks for sharing already

    BalasHapus