10 Kebiasaan Sehat yang Membuat Pria Lebih Tampan

Jumat, 01 Juni 2012


Jakarta, Rasa kurang percaya diri terhadap penampilan fisik bukan hanya terjadi pada kaum wanita saja, banyak pria juga merasa demikian. Pria dapat melakukan beberapa kebiasaan sehat yang dapat memancarkan aura ketampanannya secara alami.

Berikut 10 tips yang perlu dilakukan untuk membuat penampilan pria lebih menarik, seperti dilansir dari timeofindia, Jumat (1/6/2012) antara lain:

1. Peduli perawatan kulit

Siapa bilang perawatan kulit hanya diperlukan oleh kaum wanita saja? Pria juga perlu merawat kulitnya agar sel epidermis pada kulit tidak mati. Gunakan pelembab untuk menjaga kulit dari kekeringan.

Penting juga untuk mengoleskan krim tabir surya untuk mengurangi penuaan dini dan kerusakan karena paparan sinar ultraviolet. Jadikanlah kegiatan merawat kulit sebagai kebiasaan rutin seperti mencukur atau menggosok gigi.

2. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok bukan hanya membuat pria mendapatkan image negatif dari para wanita tetapi merokok juga dapat menyebabkan kerutan pada kulit yang lebih buruk daripada efek sinar matahari.

Merokok dapat merampas kolagen dan elastin yang memberikan tekstur kulit, kekuatan, elastisitas dan mempercepat proses penuaan. Rokok juga dapat menyebabkan warna keabu-abuan pada kulit.

3. Pola makan yang sehat

Pola makan yang akan membuat kulit pria lebih bersinar, rambut lebih indah dan badan lebih bugar. Kuncinya adalah dengan menjaga agar asupan gizi tetap seimbang. Makanlah makanan yang kaya serat yang mampu menurunkan kolesterol dan makanan yang rendah gula, tinggi protein dan kalsium.

4. Tidur yang berkualitas

Penuhi jam tidur yang direkomendasikan baik untuk kesehatan yaitu setidaknya 8 jam sehari. Tidur dapat mengembalikan kondisi semua organ tubuh, termasuk kulit yang merupakan organ terbesar tubuh.

Tidur juga dapat mengurangi ketegangan dan kecemasan, mengurangi keriput, garis-garis kerut dan garis khawatir. Kurang tidur juga menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata yang mengganggu penampilan pria.

5. Jauhkan diri dari dehidrasi

Kulit membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik terutama untuk melawan kerusakan yang disebabkan oleh matahari. Minum air delapan gelas sehari seperti yang dianjurkan juga dapat mengeluarkan racun dari tubuh dan membawa nutrisi ke lapisan dalam kulit (dermis).

6. Menjaga tubuh tetap langsing

Menjaga tubuh agar tetap langsing tidak hanya akan meningkatkan penampilan pria tetapi juga mengurangi risiko stroke, kanker, diabetes, dan penyakit lainnya. Tapi lakukan diet dengan cara yang tepat.

Kurangi asupan kalori yang tidak sehat dengan mengurangi konsumsi makanan yang digoreng. Dengan cara ini, berat bedan pria akan berkurang hingga satu pon selama dua minggu.

7. Jadilah pro-antioksidan

Antioksidan seperti vitamin A, C dan E ditemukan dalam buah dan sayuran yang sangat penting bagi tubuh. Antioksidan mempromosikan perbaikan dan elastisitas kulit dan juga mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

8. Latihan kardio

Sebuah latihan kardio dapat menurunkan stres, membuat pria lebih bahagia dan memberikan efek bersinar pada kulit. Latihan aerobik ringan selama setengah jam sehari juga dapat meningkatkan denyut jantung dan memperlancar aliran darah.

Latihan tersebut juga dapat dilakukan dengan berjalan-jalan, naik sepeda atau melakukan aktivitas yang membuat tubuh berkeringat. Pilihlah jenis latihan yang menyenangkan dan membuat pria nyaman melakukannya.

9. Hindari minum minuman keras

Alkohol menyebabkan pembengkakan pada jaringan, terutama mata bengkak dan menyebabkan kebiasaan makan yang buruk yang berakibat terhadap kenaikan berat badan. Hal tersebut tentu membuat penampilan pria tampak buruk.

10. Badan yang tegap

Postur tubuh yang baik benar-benar memberikan tampilan yang baik bagi pria. Inti dari latihan kekuatan atau olahraga yang sedikit berat adalah untuk mencegah tubuh bungkuk. Berolahragalah untuk melatih kekuatan otot selama 2 sampai 3 kali seminggu.

0 komentar:

Poskan Komentar