Perang Paling Legendaris Sepanjang Masa, 300 VS 170000 Orang!?

Rabu, 02 Mei 2012

 Battle of Thermopylae
Perang Thermophylae, Perang Paling Legendaris Sepanjang Masa , 300 VS 170000 Orang!?

Perang Sparta
1. Apa Itu Perang Sparta?
Perang Sparta adalah Perang antara Persia Melawan Yunani Pada Tahun 360 SM . Persia Dipimpin Oleh Raja Xerxes sedangkan Yunani Dipimpin oleh Leonidas .
Prajurit yang diturunkan ke Sparta (salah satu daerah Yunani) bukan main-main , yaitu 170000 orang . Sedangkan dari pihak Yunani , hanya ada 300 Spartan (nama Prajurit dari Sparta).

Terdengar Sangat Tidak Berimbang kan Seperti :
Catur Spartan

Hal itu tidak berlaku Untuk Prajurit Spartan , Mereka yang memiliki Moto : "Menang atau mati" , Memberikan Perlawanan yang sangat kuat untuk Prajurit Persia sampai 3 Hari yang menewaskan 70.000 Tentara Persia. Sayangnya , mereka kalah karena ada pengkhianat yang memberitahu Lubang Kelemahan Dari Prajurit Spartan ini . Akhirnya Mereka pun kalah di hari ketiga . 300 membunuh 70000 ? Unhuman .

Dan sekali lagi ini bukan cuman Mitos . Perang ini benar-benar terjadi dan tercatat dalam sejarah Dunia . Buat yang tidak percaya / Mengatakan ini HOAX , silahkan tanyakan kepada guru sejarah sendiri atau Search di Google Oiya , Perang ini Dikenal juga dengan sebutan Battle of Thermopylae.

Sedikit catatan penting bahwa Spartan juga dibantu oleh 700 Thespians, and 400 Thebans . tapi sayang mereka semua sudah gugur hanya dalam beberapa jam . Jadi Itu ngak Dihitung yah gan

'WE ARE SPARTAN ! NEVER RETREAT ! NEVER SURRENDER ! DIE IN BATTLE FIELD IS OUR GREATEST GLORY ! '


2. Strategi dan Situasi

Kita Akan Segera Mengetahui situasi dan strategi apa yang diterapkan King Leonidas sehingga mereka bisa menahan Tentara Persia Selama 3 Hari. sebelumnya gambar dibawah ini adalah TKP sebenarnya dari Pertempuran.
tkp perang Thermophylae

Situasi apa yang dihadapi oleh Spartan ?

Mereka Harus menghadapi 170000 musuh untuk menahan musuh mereka masuk ke pusat kota . kurang lebih seperti ini ilustrasinya 


Strategi yang diterapkan ?

King Leonidas sengaja untuk memilih bertempur di tempat yang sempit agar menghambat musuh bermain 'keroyokan'. pada akhirnya tetap mereka menghadapi musuh yang sepadan dengan mereka 1 VS 1. tapi yang patut diacungi jempol adalah daya tahan tubuh dan Keberanian mereka.

tapi tentu semua orang penasaran dengan , bagaimana Mereka bisa kalah di pertempuran ini ?


Kekalahan Spartan Di Perang Sparta

Spartan kalah karena penduduk lokal bernama Ephialtes mengkhianati orang-orang Yunani dengan memberitahukan sebuah jalan kecil yang mengarah ke garis belakang Yunani. 

Jalan Masuk Ke garis pertahanan

akhirnya Tentara Persia masuk kesana tanpa diketahui oleh Spartan , dan menusuk pertahanan Spartan dari belakang . Mereka Pun harus menelan kekelahan yang HEROIK . Mereka Berjuang hingga titik darah penghabisan.

Mereka Menusuk Garis Pertahanan Spartan

3. Kronologis Perang

Kronologi Kejadian

Hari Pertama dan Kedua
Tentara Persia Mendarat di Thermopylae di hari pertama. Perang pun pecah . Gerbang Kedua berhasil ditembus, dan mereka langsung berhadapan dengan spartan . Perang Ini Berlangsung 2 Hari . sangat mematikan.

Hari Ketiga
Hari Ketiga , Hari dimana pengkhianat itu Membocorkan jalan kecil ,letak kelemahan Spartan. Hari itulah pejuang yang gagah berani itu Gugur Semua.

0 komentar:

Poskan Komentar