Ma, Ijinkan Aku Corat Coret Hari Ini Saja!

Minggu, 27 Mei 2012

Mama, usiaku sudah hampir 18 tahun. Aku juga sudah bisa membedakan mana yang baik, mana yang kurang baik, dan mana yang sangat tidak baik. Jadi, ijinkan aku corat coret hari ini saja.

Nilai kelulusanku memang buruk, tapi tetap saja aku lulus kan Ma. Itu kabar baiknya. Kabar buruknya, tiga bulan menjelang UAN aku tidak mengikuti program bimbel yang Mama sarankan. Aku lebih memilih untuk belajar sendiri sambil bermain main. Sejujurnya, aku tidak menyalah gunakan uang pemberian Mama untuk pembayaran bimbel. Uang itu tetap aku gunakan untuk mendaftarkan seorang teman yang sangat ingin mengecup kesempatan di salah satu bangku bimbel. Dia lulus dengan hasil yang gemilang. Andai saja Mama tahu kenapa dia bisa lulus dengan hasil yang mengagumkan, Mama pasti tidak akan mengernyitkan dahi untukku. Ma, percayalah.. Nilaiku memang ngepres, tapi itu adalah hasil perjuanganku sendiri.

Ya aku tahu, corat coret baju seragam terlihat seperti kesia siaan saja. Bagaimanapun juga Mama benar, menyarankan aku untuk menyumbangkan baju seragam ini pada mereka yang membutuhkan. Tapi bajuku sudah terbilang kumal Ma. Bukankah lebih baik jika kita memberikan yang baru? Lagipula, kurasa kita mampu. Lagipulanya lagi, di setiap serat kain seragamku pernah tertetesi oleh keringat dan kenangan akan masa SMA. Aku ingin menyempurnakan kenangan ini dengan sesuatu yang sifatnya bersenang senang.

Mama, kau harus melihat ini dari sudut pandang seorang anak manusia yang berusia hampir 18 tahun. Percayalah Ma, aku akan tetap menjaga namamu lewat kelakuanku. Tak kubiarkan aku bersenang senang selayaknya orang dewasa dikala melakukan kampanye. Tidak tidak, aku takkan sememalukan itu.

Mama, ijinkan aku corat coret dan bersenang senang, hari ini saja. Setelahnya, aku akan kembali menjadi buah hatimu yang manis. Kedepan, aku ingin kerja sambil kuliah. Dan aku yakin, Mama pasti melarangku untuk bekerja. Iya kan Ma? Mama lebih suka aku fokus kuliah saja kan Ma? Jadi, sebelum ada perdebatan baru, hari ini aku akan mencoret hidupku seindah mungkin.

Ai elof yu Mama..

1 komentar:

  1. aku izinkan, asal jangan sampai kena badan aza hehehe

    BalasHapus