Asal Usul Terbentuknya Kalimat "Dari Hongkong"

Senin, 21 Mei 2012

Asal Usul Terbentuknya Kalimat "Dari Hongkong"
Mungkin anda semua sudah mendengar istilah "HONGKONG" teringat ketika saya sedang minta uang jajan waktu itu sekitar kelas 2 Sd. begini kronologinya.
Quote:
a : ane
em : emak ane

a : mah minta duit donk mo jajan nih !!!

em : duit dari mana ? duit dari Hongkonggg!!!

Terus ane berpikir, emang di HONGKONG tuh Ada apaan yah ? ko ane slalu denger. jawaban HONGKONG, HONGKONG HONGKONG!!

Nih ada lagi sbagai contoh :

Quote:
kamu ganteng dari hongkong...
kamu cantik dari hongkong...
matamu bagus dari hongkong...

selalu hongkong jawabannya
knapa mesti hongkong sih?

dan setelah ane googling kesana kemari ! ane tau jawabannya :

Quote:
Awalnya dari trend BH dan CD dari Hongkong di Mangga Dua. Hampir semua penjual memasang tulisan "Dari Hongkong" di atas barang jualannya. Istilah "Dari Hongkong" lalu melebar. Dimulai saat seorang cewek yang menggunakan underwear seksi dipuji pasangannya. "Bagus banget say CD dan BH-nya. Dari mana dapatnya?". Si cewek menjawab, "Dari Hongkong."
Nah, si cowok itu, keesokan harinya diolok temennya, "Elu dari mana aja? Kok letoy gitu?". Si cowok menjawab sekenanya, "Dari Hongkong."

Quote:
Nah, istilah ini kemudian melebar dan menjadi jawaban asal kena atas semua pertanyaan.
Beberapa pengembangan penggunaan istilah ini:
1. Wah, makin kaya aja elu. Bagi dong duitnya... >--- Duit dari Hongkong?
2. Pinjem mobilnya dong... >--- Mobil dari Hongkong?

Quote:
1. Konon, kata-kata dari hongkong ditemukan di Universitas Indonesia pada tahun 1970an. Saat itu ada mahasiswa yang punya photo kuburan cina terus ngaku-ngaku ke anak-anak asrama bahwa photo itu pas dia lagi ke Hongkong. Eh gak taunya ada yang tau kalau photo itu diambil di medan, terus setiap kali ada ceng-cengan dia selalu disindir… “dari Hongkong”… “photo dari Hongkong”… dan akhirnya kata-kata itu mulai tersebar luas.
2. Di era tahun 60an itu banyak barang-barang mewah dari Hongkong yang murah meriah. Made in Hongkong atau buatan Hongkong sangat terkenal waktu itu. Pokoknya banyak barang dari Hongkong, maka dari itu istilah barang dari Hongkong sering dipakai.

0 komentar:

Poskan Komentar