7 Pertolongan Pertama Untuk Orang Yang Lagi Sedih

Senin, 28 Mei 2012

Di satu malam yang tenang tiba-tiba henpon kamu kedap kedip dengan heboh, teman kamu memanggil. Begitu kamu angkat, kamu cuma denger suara orang nangis sesenggukan, lalu telpon dimatikan. Apa yang akan kamu lakukan?
Mungkin kamu perlu waktu sekitar 15 menit untuk mencerna "omongan" dia barusan, terus kemudian kamu akan berpikir, ah palingan dia becanda nih. Tapi kok dia gak nelpon lagi? Hmm. Jangan-jangan beneran ada yang salah nih. Mending kamu baca tips berikut ini, buat jaga-jaga gitu.

1. Pasang Kuping. Tebelin. Kunci mulut. Telen kuncinya.

Ini hal paling dasar yang bisa kamu lakukan. Dengerin cerita dia. Kenapa mesti tebelin kuping? Soalnya panjang lebar, muter-muter, belum lagi kalo diiringi isak tangis dan makian makian penuh dendam. Kalo kuping kamu tipis pasti bawaannya lo pengen nepok dia kayak nyamuk atau ngomentarin dengan pedas 'Gue kata juga apa, dari dulu kan gue emang ga suka sama dia, bla bla bla.." jangan. Serius jangan. Diam aja dengerin. Ntar-ntaran aja komennya kalo udah lebih kondusif. Daripada kamu ama dia jadi main tepok tepokan. Karena biasanya orang yang lukanya masih baru ini, masih dalam tahap penyangkalan. Jadi dia belum bisa menerima kenyataan atau komentar dari orang lain.
Juga jangan bilang bahwa semua bakalan baik-baik aja. Semua juga tahu bahwa semua bakalan baik-baik aja. Masalahnya, orang kalo lagi sedih banget kamu gituin bisa makin sedih lho. Jadi mendingan kamu diem, denger aja.

2. Ajakin Main.

Kalo dia udah puas curhat sampe muncrat muncrat, biasanya orang-orang yang baru patah hati akan tenggelam dalam diam. Nah ini bahaya nih kalo dibiarin aja, bisa depresi beneran. Kamu bisa menarik dia lagi ke permukaan dengan selalu berada di sekitar dia. Misalnya, datang ke rumah dia bawa serombongan teman, ajak tanding game, wrestling, main catur atau pajamas party sambil gantian ngutek ngutekin kuku (walaupun kamu lelaki, kamu juga boleh nyobain aktivitas ini lho. Terserah aja sih). Jadi dia gak akan sempet diem diem galau sendirian. Keramaian juga bisa membuat seseorang lebih mudah untuk menyembuhkan luka hati. Ajakin juga dia olahraga-olahraga yang membutuhkan koordinasi fisik gitu, kayak main bola atau apalah. Pasti dia cepet pulih.

3. Becandain.

Setiap kali dia mulai berlarut-larut menggalau, langsung belokan pembicaraan aja. Kasih liat foto muka kamu pas lagi ngeden beol tadi pagi. Usahakan ngelawak terus ketika bersama dia. Tertawa akan menyebabkan pelepasan serotonin dan endorfin di kepala, yang niscaya akan menyembuhkan resah gundah gulana dan galau galau nestapa. Gila kalimat barusan keren abis. Selain membantu dia, kamu juga kan bisa ikutan bahagia karena ketawa terus.

4. Hindari Membahas Lawan Jenis.

Jangan ngomongin cewek dulu deh pas lagi sama dia. Atau ya sebaliknya kalo temen kamu cewek. Atau kalau temen kamu gay ya berarti sesama jenis. Ah pokoknya ngerti lah ya maksudnya gimana. Bahas pembajakan di internet aja, atau pembunuhan orang utan, atau kemungkinan invasi alien, atau bagaimana cara menghalau zombie, atau tentang paradoks schrodinger's cat.

5. Naikan Kepercayaan Dirinya.

Rasa kehilangan dan ditinggalkan itu seringkali membuat seseorang merasa tidak berharga. Nah ini tugas kamu nih untuk memompa percaya diri dia lagi. Bisa dari hal-hal kecil kayak misalnya membiarkan dia menang pas main capsa, memuji penampilannya hari itu walaupun kamu rasanya pengen teriak 'Woy ga salah lo tengah hari bolong pake jaket bulu?" atau bisa juga menceritakan kemalangan orang lain, jadi dia ga berasa jadi orang paling sial sedunia.
Tapi kayak gini jangan dilakukan pas dia pertama kali cerita ya. Kasih waktu buat nangis-nangis dulu lah. Biarin dia sakit-sakit dulu. Seperti kata Rinso, kalo gak sakit ya gak belajar. Eh gitu kan ya?

6. Kasih Coklat

Katanya sih coklat itu bisa memicu hormon serotonin alias hormon yang bikin seneng. Jadi mungkin kamu bisa jadikan coklat sebagai bahan pertimbangan untuk dikasih ke temen kamu yang lagi sedih banget tuh. Coklat murah kan. Beliin aja coklat superman. Atau beng-beng.

7. Kasih Harta yang Melimpah

Kalau kamu adalah teman yang kaya raya, mungkin ada baiknya kamu kasih dia harta yang melimpah. Pasti langsung sumringah. Semua orang senang menjadi kaya. Yeah.
Gampang lah ya kan? Itu gunanya temen, untuk bisa jadi matras yang bisa membalin kita lagi keatas kalau lagi jatuh. Ayo ah loncat-loncatan lagi.
 

1 komentar: