5 Cara Mengatasi Rasa Cemburu yang Berlebih

Rabu, 16 Mei 2012

Cemburu sering disebut tanda cinta, tapi tak jarang rasa cemburu malah jadi bumerang dalam hubungan. Cemburu berlebihan sering menjadi alasan suatu hubungan menjadi berantakan.

Saat cemburu berlebihan melanda, jangan buru-buru terbawa emosi. Atasi dulu perasaan tersebut, sehingga pikiran Anda lebih jernih. Ini caranya!

1. Jaga jarak
Saat rasa cemburu datang, emosi Anda pasti berkobar. Ketimbang Anda meledak-ledak di depan pasangan, lebih baik jaga jarak terlebih dahulu. Jika suasana hati Anda sudah lebih tengang, maka segalanya bisa dibicarakan.

2. Bicara

Setelah emosi terkendari, ajak pasangan Anda untuk berbicara dari hati ke hati. Jelaskan padanya perasaan Anda. Siapa tahu kalian berdua bisa berembuk dan mendapatkan jalan ke luar yang terbaik.

3. Jangan asal menuduh
Jangan langsung melabrak kekasih begitu saja ketika melihatnya bersama orang lain. Pastikan dulu apa yang terjadi. Berilah kesempatan kekasih Anda untuk menjelaskan. Jangan sampai tuduhan Anda tidak berdasar.

4. Beri contoh
Jika memang Anda tak mau pasangan terlalu dekat dengan orang lain, Anda pun harus melakukan hal yang sama. Jika ingin perasaan Anda dijaga, pastikan juga Anda telah menjaga perasaannya.

5. Hargai diri sendiri
Terkadang rasa cemburu berlebihan timbul karena Anda kurang percaya diri. Ingatlah, kekasih telah menjatuhkan pilihannya pada Anda. itu berarti ada kelebihan di diri Anda yang tak ia temukan di diri orang lain. Jadi buat apa cemburu berlebihan?

Apapun alasannya, sesuatu yang berlebihan tidak pernah baik. Termasuk cemburu berlebihan. Jadi jangan sampai emosi menguasai akal sehat Anda. Selamat berbahagia!

0 komentar:

Poskan Komentar