14 Mei Komunitas Pecinta Yahudi Bakal Kibarkan Bendera Israel di Jakarta

Selasa, 01 Mei 2012

HUT Kemerdekaan Israel di Singapura. merdeka.com
Komunitas Pencinta Yahudi di Indonesia kembali berencana merayakan HUT Kemerdekaan Israel di Jakarta. Dalam hari jadi Israel ke-64 yang jatuh 14 Mei nanti, komunitas tetap akan menggelar acara peringatan.

"Namun acara kecil-kecilan saja," kata Ketua Komunitas Pencinta Yahudi, Unggun Dahana, saat berbincang dengan merdeka.com, Senin (30/4).

Namun demikian, kata Unggun, acara tersebut tetap akan disertai pengibaran bendera Israel dan bendera Indonesia, serta menyanyikan Hatikva, lagu kebangsaan Israel dan juga Indonesia Raya.

"Memang begitu aturannya. Bendera Israel harus lebih rendah dari Merah Putih," ujarnya.

Unggun mengatakan, untuk tahun ini acara tidak akan dipublikasikan, mengingat kehebohan yang terjadi pada tahun lalu. Namun, dia berjanji akan melaporkan acaranya ke polisi jika anggota yang hadir lebih dari sepuluh orang.

Seperti diketahui, proklamasi negara Israel atau Hakhrazat HaAtzma'ut terjadi pada tanggal 14 Mei 1948, ketika Mandat Britania atas Palestina berakhir. Saat itu pengumuman bahwa negara Yahudi baru bernama Israel secara resmi didirikan di wilayah Mandat Britania atas Palestina dan di tanah di mana kerajaan Israel, kerajaan Yehuda dan Yudea berada.

Mengikuti perhitungan kalender Yahudi, acara HUT Kemerdekaan Israel sudah berlangsung lebih dulu di sejumlah Kedubes Israel di beberapa negara. Di Kedubes Israel di Singapura, acara juga dihadiri sejumlah warga negara Indonesia, termasuk politikus NasDem, Ferry Mursyidan Baldan.

0 komentar:

Poskan Komentar