Foto dari Sisi Kiri akan Membuat Anda Terlihat Lebih Menarik

Sabtu, 21 April 2012

Memotret dengan kamera ponsel dari atas mungkin menjadi gaya andalan Anda. Baik mengeluarkan lidah atau bibir mengerucut seperti mencium, lebih baik Anda menampilkan sisi kiri wajah. Menurut penelitian Universitas Wake Forest, Amerika Serikat, pipi kiri dapat menjadi sisi terbaik Anda.

Studi yang dilakukan duo ilmuwan Kelsey Blackburn dan James Schirillo menunjukkan sisi kiri dari wajah dinilai dan diberi peringkat lebih menarik pada tampilan foto dibanding sisi kanan. Kemungkinan disebabkan karena kita menunjukkan intensitas emosi lebih banyak pada wajah bagian kiri.

Emosi manusia menjadi bagian terbesar dari ekspresi wajah. Kemampuan spesial menusia pada otot wajah menghasilkan berbagai ekspresi unik emosi. Riset menyebutkan sisi kiri wajah lebih intens dan aktif selama wajah menghasilkan ekspresi emosional. Tidak heran, seniman Barat banyak yang melukis potret subyek dari bagian kiri.

"Hasil kami menunjukkan pose pipi kiri cenderung memperlihatkan intensitas emosi yang lebih besar, pengamat menilai secara estetika lebih menarik," tulis peneliti dalam jurnal Experimental Brain Research seperti yang dikutip dari laman Springer.com.

Penemuan ini didukung beberapa konsep. Pengertian sisi emosi dan dominasi belahan otak kanan dengan sisi kanan otak mengendalikan sisi kiri wajah selama proses ekspresi emosional mendukung hasil riset.

Para partisipan diajak menilai sisi yang tampak lebih atraktif  pada foto hitam-putih wajah pria dan perempuan. Peneliti menampilkan foto asli dan foto terbalik sehingga foto pipi kanan terlihat seperti gambar pipi kiri dan sebaliknya.

Mereka menemukan tim penilai lebih condong pada foto sisi kiri, baik versi asli atau terbalik. Sisi kiri wajah dinilai lebih menarik secara estetis pada pose pria dan perempuan.

Kecenderungan estetis ini didukung pengukuran pupil mata. Bagian ini secara bawah sadar menjadi tolok ukur ketertarikan.

Pupil membesar merupakan respons terhadap rangsangan yang lebih menarik. Daya tarik di sini pada wajah yang cantik dan tampan. Berbeda saat melihat gambar yang tidak menyenangkan. Pada eksperimen ini ukuran pupil membesar menandakan ketertarikan pada sisi yang  dilihat. Jadi, berpalinglah untuk menunjukkan sisi kiri.

• VIVAnews

0 komentar:

Poskan Komentar