Demi Beli iPhone dan iPad, Remaja 17 Tahun Jual Ginjal

Sabtu, 07 April 2012

Kini mengalami gangguan kesehatan akibat gagal ginjal

Seorang remaja di China mengaku menjual ginjalnya untuk kebutuhan transplantasi dan menggunakan hasil penjualan organ tubuhnya itu untuk membeli sebuah iPhone dan iPad, demikian lapor Kantor Berita Xinhua, Jumat.

Remaja berusia 17 tahun, yang menerima bayaran sebesar 22.000 yuan atau setara sekitar Rp.31 juta, direkrut dari sebuah forum chat online dan kini mengalami gangguan kesehatan akibat gagal ginjal.

Seorang dokter ahli bedah dan empat orang lain telah ditahan serta akan menghapi tuntutan atas dugaan penjualan organ manusia.

Remaja pendonor ginjal, yang hanya dikenali sebagai Wang, setuju untuk dioperasi di provinsi Hunan, pada April 2011, meski tanpa sepengetahuan orang tuanya.

Sementara itu seorang perantara yang bernama He Wei, yang menghubungi remaja itu dengan seorang oknum pekerja di rumah sakit, juga ditahan. Ia menerima bayaran sebesar 220.000 Yuan atau sekitar Rp.317,1 juta.

Statistik dari kementrian kesehatan China menunjukan bahwa sekitar 1,5 juta warga China membutuhkan transplantasi ginjal, tetapi hanya 10.000 operasi transplantasi yang digelar setiap tahun.

Jurang yang sangat besar antara kebutuhan dan operasi medis yang terdata itu dicurigai menjadi lahan subur pasar organ tubuh ilegal. Para tahanan di penjara menjadi sumber utama organ tubuh di China, demikian kata Wakil Menteri Kesehatan, Huang Jiefu, bulan lalu.


0 komentar:

Poskan Komentar