7 Tips Aman "Berburu" Lowongan Kerja Via Online

Kamis, 19 April 2012

7 Kiat Aman Cari Kerja Online
Dengan internet, segala macam aktivitas bisa dilakukan hanya dengan duduk di depan layar komputer, termasuk mencari pekerjaan. Banyak pelamar kerja yang bergerilya di dunia maya untuk mencari dan mendaftarkan diri mereka.

Apakah Anda salah satunya? Jika ya, simak baik-baik tips mencari pekerjaan online di bawah ini, agar Anda tetap aman dalam ‘berburu’ dan terhindar dari pencurian identitas.

1. Jaga Privasi Data Pribadi

Informasi sensitif semacam tanggal lahir, usia, nomor SIM, alamat rumah, dan lai-lain sebaiknya tidak dicantumkan di resume online, sampai Anda benar-benar yakin perusahaan tersebut memang terpercaya.

2. Gunakan Naluri

Jika Anda melihat postingan pekerjaan yang terasa ‘terlalu sempurna untuk jadi kenyataan’, maka waspadalah karena bisa jadi itu bentuk scam. Solusinya, googling perusahaan itu dengan mengetikkan nama perusahaan diikuti dengan kata ‘scam‘. Cek apakah ada orang lain yang melaporkan adanya kasus penipuan.

3. Gunakan Akal Sehat

Tidak ada HRD atau perekrut karyawan yang meminta informasi kartu kredit Anda sebagai salah satu syarat melamar pekerjaan. Jadi jika Anda dimintai uang, sudahi saja dan cari lowongan lain karena itu pasti salah satu upaya penipuan atau pencurian identitas.

4. Cek Kebijakan Privasinya

Sebelum Anda mengirimkan resume online, cermati kebijakan privasi yang perusahaan tersebut miliki. Apabila ada poin yang menyebutkan bahwa mereka akan memberikan informasi Anda kepada pihak ketiga, maka itu sama saja dengan menempatkan diri Anda dalam bahaya.

5. Buat Email Khusus

Buatlah akun email baru yang khusus diperuntukkan dalam job hunting. Jadi kalaupun apes-apesnya akun email tersebut disalahgunakan atau disusupi, maka Anda tak perlu terlalu khawatir email pribadi atau bisnis Anda terganggu.

6. Lindungi Orang-orang Rujukan Anda

Anda tidak perlu mencantumkan nama bahkan alamat orang-orang rujukan Anda. Cukup dengan menuliskan ‘Rujukan akan tersedia hanya bila ada permintaan’ adalah langkah yang efisien dan langkah pelindung bagi orang-orang tersebut.

7. Laporkan penipuan

Jika kamu menjumpai adanya penipuan atau sesuatu yang mencurigakan, segera kontak administator situs tersebut. Bahkan jika perlu hubungi pihak berwenang. (Myid/internetsehat/DOR)

0 komentar:

Poskan Komentar