10 Prodi Perguruan Tinggi yang Membuatmu Kaya

Jumat, 20 April 2012

Komputer dan TI adalah salah satu prodi yang prospektif. (Foto: AP)
PADA pasar lapangan kerja yang kompetitif ini, lulusan perguruan tinggi menghadapi masa depan yang tidak jelas. Belum lagi kenyataan bahwa mereka juga tidak punya kontrol terhadap situasi tersebut.

Program studi (prodi) matematika atau prodi berfokus pada sains lainnya akan membuat para lulusan perguruan tinggi mendapat gaji lebih banyak bila dibandingkan dengan prodi lainnya. Fakta ini sesuai dengan hasil penelitian tiga profesor dari Yale University Economics untuk riset Biro Ekonomi Nasional Amerika Serikat (AS).

Setelah mempelajari data sensus AS 2009, laporan tersebut menemukan bahwa ekonomi, teknik, dan akuntansi memberikan rata-rata gaji lebih tinggi bagi para sarjana. Wall Street Journal mencatat, sarjana di ketiga bidang tersebut mendapatkan rata-rata gaji lebih tinggi hingga USD30 per jam atau sekira Rp275 ribu (Rp9.173 per USD).

Laporan ini juga mendukung hasil riset yang dikeluarkan situs lowongan kerja CareerCast yang menunjukkan bahwa posisi yang memerlukan keahlian matematika dan sains ternyata lebih superior dalam hal gaji, lingkungan pekerjaan, dan kesempatan kerja.

Berikut 10 prodi yang bisa membuatmu kaya, versi Biro Ekonomi Nasional AS, seperti dilansir Huffington Post, Jumat (20/4/2012).

1. Ekonomi
2. Teknik Elektro Engineering
3. Teknik Mesin
4. Keuangan
5. Matematika
6. Akuntansi
7. Komputer dan Teknologi Informasi (TI)
8. Ilmu Politik
9. Pemasaran
10. Manajemen Bisnis dan Administrasi.(rfa)

http://kampus.okezone.com

0 komentar:

Poskan Komentar