Waspadai! Ini Dia 10 Tipe Email Penipu

Sabtu, 17 Maret 2012


PENIPU tidak hanya ada di dunia nyata, tapi mereka juga ada di internet. Dengan menyusup ke dalam email, para penipu berusaha mendapatkan informasi penting dari pemilik email.

Lembaga advokasi konsumen, Better Business Bureau (BBB) mengumumkan sebuah data mengenai siapa target dan bagaimana para penipu tersebut dapat mencuri informasi. Berikut daftar yang dikeluarkan BBB mengenai email palsu yang berusaha menipu anda dan orang lain.

1. Bagi para pencari kerja yang menggunakan email untuk melamar lowongan, biasanya menjadi sasaran penipuan dengan cara mengaku menjadi pihak perusahaan yang dilamar dan para pelamar diminta untuk mengisi form elektronik yang mereka berikan.

2. Pengguna jejaring sosial juga rentan terhadap penipuan, akan ada email yang memberitakan anda sebagai pemenang undian dan meminta untuk mengirimkan data lengkap mengenai diri anda.

3. Isu-isu yang sedang menarik juga dimanfaatkan untuk mencuri informasi penting, biasanya anda diminta untuk membuka tautan untuk membaca atau melihat beritanya secara lengkap.

4. Pemilik properti akan ditawari untuk menggunakan jasa perbaikan rumah, dan sebagainya, padahal itu adalah usaha untuk mencuri uang.

5. Jika anda bertransaksi dengan orang asing, pastikan identitasnya jelas, lalu cari tahu apakah ada pihak ketiga. Seandainya tidak ada, jangan sampai ada yang mengirim email palsu untuk mengalihkan uangnya kepada pengirim email tersebut.

6. Pengguna perbankan online dan pembayaran tagihan secara daring juga sering dikelabui, biasanya akan ada email yang mengatasnamakan bank terkait yang dapat mencuri informasi penting anda.

7. Tidak hanya email, telepon juga menjadi sarana yang dapat menipu anda, BBB menyebutkan korban biasanya adalah tamu hotel yang dihubungi oleh orang yang mengaku sebagai petugas hotel dan menanyakan nomor kartu kredit tamu tersebut.

8. Bagi yang sedang berhutang juga harus waspada, karena akan banyak email yang menawarkan jasa konseling untuk mengatasi problem keuangan anda.

9. Email-email penawaran juga sering digunakan untuk mengirimkan tautan palsu, biasanya ditargetkan bagi orang yang suka berbelanja dengan diskon di internet.

10. BBB juga memperingatkan agar hati-hati terhadap email yang mengatasnamakan BBB atau lembaga lain. Biasanya akan ada link yang berisi virus dan dapat mencari informasi perbankan yang kemudian langsung mencuri uang dari rekening anda. (mashable/*/OL-14)

http://www.mediaindonesia.com

0 komentar:

Poskan Komentar