Studi: Musik, Cara Cepat Perbaiki Suasana Hati

Kamis, 15 Maret 2012


Masing-masing individu berbeda merespon sebuah musik (doc Corbis)
Ingin cepat memulihkan suasana hati yang sedang kacau atau mengurangi stres?  
Dengarkanlah lagu atau musik favorit.

Alunan musik menjadi cara sederhana dan efektif untuk membangkitkan emosi positif dan mengurangi tingkat stres pendengarnya, ungkap studi terbaru.

Studi di University of Gothenburg didasarkan survei yang melibatkan 207 orang. Selama studi peneliti juga mengintervensi kelompok eksperimen yang terdiri dari 21 orang untuk mendengarkan musik favorit selama 30 menit perhari selama dua minggu. Sementara kelompok kontrol dengan jumlah yang sama harus bersantai tanpa musik.

Hasil studi menunjukkan kelompok yang mendengarkan musik secara teratur menngalami emosi positif yang lebih sering. Kelompok ini juga mengatakan lebih sedikit mengalami stres. Hasil tes darah juga membuktikan tingkat hormon kortisol lebih rendah ketimbang mereka yang bersantai tanpa musik.

"Tapi harus ditekankan bahwa dalam mempelajari respon emosional musik merespon dengan cara yang sama persis mengenai sepotong musik," ungkap peneliti Marie Helsing seperti dikutip DNA.

Helsing menambahkan, "masing-masing individu dapat merespon secara berbeda terhadap bagian yang sama dari musik, tergantung pada faktor-faktor individu dan situasionalya, " ujarnya.

Untuk itu ia menyarankan agar seseorang mendengarkan musik yang disukai untuk memperoleh hasil optimal.

• VIVAnews

0 komentar:

Poskan Komentar