Gara-Gara Harga Snack Kemahalan, Pengelola Bioskop Dituntut

Rabu, 07 Maret 2012


Gedung bioskop tak akan terasa 'hidup' tanpa kehadiran para penikmat film yang datang membeli tiket serta menonton di dalam studionya. Namun terkadang fasilitas serta pelayanan yang tak semestinya dari pengelola bioskop malah membuat pengunjung enggan datang kembali.
Seperti terjadi di Michigan, salah seorang pengunjung bioskop Joshua Thompson menuntut agar harga makanan ringan yang dijual di dalamnya diturunkan.

Tak hanya sekedar menuntut, salah seorang penonton bahkan telah mengajukan laporan di pihak berwenang untuk membawa kasus makanan yang terlalu mahal ini ke meja hijau. "Dia (Joshua) lelah dimanfaatkan terus," ujar pengacaranya, Kerry Morgan. "Sangat tidak wajar untuk membenarkan harga makanan yang 3-4 kali lebih tinggi dari bioskop lainnya," imbuhnya. 

American Multi Cinema, pengelola bioskop AMC di pinggiran Detroit, nampaknya tak bakal berkomentar dengan tuntutan ini. Salah seorang staf di Asosiasi Nasional Pemilik Bioskop bahkan terdengar marah saat tiba-tiba menutup telepon ketika ditanya tentang praktek pemberian harga pada camilan seperti permen dan pop corn ini. Meski ahli konsumen memperkirakan bahwa kasus ini bakal ditutup, tuntutan ini berpengaruh pada sebagian besar pengunjung bioskop yang mengatakan bahwa mereka lelah dimanfaatkan pengelola bioskop.

Dr. Rebecca Motley dari Southfield, Michigan mengatakan bahwa ia dan manajer kantornya menghabiskan 5 dollar seorang untuk tiket dan 11 dollar untuk minuman dan pop corn yang mereka beli di AMC Star Southfield 20. "Ketika aku masih kecil, 1 dollar dapat menghasilkan tiket dan membelikanmu popcorn. Kini aku tak tahu bagaimana anak-anak dapat pergi ke bioskop sendirian," katanya. 

Joshua sendiri adalah seorang teknisi berusia 20-an. Ia tak mau diwawancara, sebab ia tak mau ada sensasi. Ditambahkan oleh pengacaranya, Joshua terbiasa membawa makanan dan minumannya sendiri ke dalam gedung bioskop, sampai pada akhirnya hal tersebut dilarang. Pada tanggal 26 Desember lalu, dia membayar 8 dollar untuk segelas Coke dan paket Goobers yang berharga hampir 3 kali lipat dengan harga di restoran fast food. Keterangan itu ia cantumkan di dalam tuntutannya.

Dalam tuntutannya, Joshua menuduh bioskop AMC melanggar Michigan Consumer Protection Act dengan memasang tarif berlebih untuk makanan ringan. Dengan itu, ia juga meminta pihak bioskop mengembalikan uang berlebih yang pengunjung bioskop bayarkan. (azc/dka)

 http://www.kapanlagi.com

0 komentar:

Posting Komentar