Exmobaby Suit, "Baju Pintar" Pendeteksi Sebab Bayi Menangis

Jumat, 09 Maret 2012


London: Para ibu tentu bingung saat melihat bayinya menangis tanpa sebab. Bila ibu salah memahaminya akan memberikan dampak fatal bagi sang buah hati.

Sebuah perkembangan teknologi menawarkan baju "pintar" bayi Exmobaby, yang bisa mendeteksi penyebab bayi menangis. Menurut laman dialymail.com, dalam baju tersebut disematkan sebuah "biosensor" yang memiliki termometer dalam memonitor denyut jantung dan sensor gerakan sang bayi.

Exmobaby akan membuat orangtua dapat melihat ikon yang mewakili detak jantung bayi mereka, kondisi emosional, dan tingkat aktivitas pada ponsel mereka. Sensor akan dibenamkan dalam kain dan ditransmisikan melalui pod transceiver kecil memancarkan data dalam satu menit sekali.

Gadget ini juga dapat merasakan kelembaban dan memberitahu orangtua waktu mengganti popok bayi mereka. Perangkat lunak ini bisa membuat orangtua merekam keadaan fisik anaknya, seperti lapar atau kelelahan.

Melalui teknologi ini, orangtua dapat terus memperbarui keadaan bayi mereka, seperti suasana hatinya melalui perangkat email dan pesan teks. Aplikasi smartphone khusus dirancang bekerja untuk itu.

Exmobaby saat ini tengah diuji di rumah sakit dan mencari relawan untuk menguji gadget di rumah. Baju Exmobaby terbuat dari serat konduktif dan sensor yang dibenamkan dalam kain. Hal itu sangat penting bagi ibu yang pertama kali masuk kerja, namun khawatir terhadap kondisi bayi mereka yang diasuh babysitter.

Setiap pakaian Exmobaby memiliki transceiver yang dapat memberikan informasi ke PC dan smartphone para orangtua. Ditambah perangkat lunak untuk menerima dan memproses informasi ke orangtua tentang suasana hati anaknya.(ULF)

http://tekno.liputan6.com

0 komentar:

Posting Komentar