Awas! Aplikasi Gratisan Populer Ini Curi Data Pribadi Anda

Selasa, 06 Maret 2012


California - Aplikasi gratisan memang menjadi pilihan bagi mereka yang enggan mengeluarkan uang untuk menggunakan software tertentu di perangkat digitalnya.

Namun, perlu diketahui bahwa tak semua aplikasi gratisan itu aman dipakai. Sebuah penelitian yang dilakukan MWR Security menunjukkan bahwa aplikasi gratisan, khususnya yang ada di Android Market, mengambil data daftar kontak yang tersimpan di ponsel pintar pengguna.

"Kami menemukan banyak aplikasi yang masuk dalam 50 aplikasi gratisan terpopuler di Android Market menggunakan kode rahasia yang berfungsi mengambil data di ponsel dan mengirimkannya ke pihak pengiklan tanpa izin," tulis MWR Infosecurity seperti dikutip Dailymail, Selasa, 6 Maret 2012.

Salah satu aplikasi terpopuler yang mengambil informasi dari ponsel adalah versi gratisan game Fruit Ninja. Menurut MWR Security, permainan ini berisi kode rahasia yang bertugas membocorkan identitas pengguna dan meneruskannya ke jaringan iklan MobClix. Belum jelas apakah data ini nantinya akan dipakai untuk mengirimkan iklan atau sekadar disimpan.

Selain daftar kontak, "Ethical Hackers" bersama dengan MWR Security menyatakan informasi yang diambil, misalnya kalender, daftar e-mail, nomor telepon, dan lokasi pengguna.

 http://www.tempo.co

0 komentar:

Posting Komentar