8 Tips Berwisata ke Ancol

Minggu, 11 Maret 2012


Walaupun sudah banyak orang yang sering memilih Ancol Taman Impian, Jakarta, sebagai destinasi untuk berwisata, ternyata masih ada saja yang terkadang kurang sukses saat berwisata ke Ancol. Kadang hal tersebut terjadi hanya karena hal-hal sepele.


Sebut saja seperti tidak tahu transportasi menuju Ancol ataupun saking ramainya pengunjung jadi malas berkeliling. Berikut tips yang perlu Anda ketahui sebelum berwisata ke Ancol, terutama jika ini adalah pengalaman pertama Anda.

Waktu kedatangan. 
Pilihlah waktu yang tepat untuk berwisata. Akhir pekan adalah puncak keramaian. Apalagi di musim liburan sekolah. Jika memungkinkan pilih waktu berwisata saat musim sepi kunjungan. Kenali pula wahana mana yang akan Anda kunjungi. Beberapa wahana sebaiknya Anda datangi saat tidak musim hujan.

Agar Anda puas berwisata, datanglah sejak pagi hari. Akan tetapi Anda juga harus memperhatikan jam operasional wahana-wahana di Ancol. Sambil menunggu jam buka wahana di Ancol, datang saja ke pantai-pantai yang tersebar di Ancol.

Pakaian yang dikenakan. 
Pakailah celana pendek serta kaus berbahan katun, agar Anda lebih leluasa bergerak dan menikmati wahana saat bermain. Memakai celana panjang dan juga mengenakan kemeja lengan panjang ataupun pakaian kerja hanya membuat Anda sulit leluasa bergerak dan bahkan menjadi berkeringat. Boleh juga membawa kacamata hitam dan topi untuk menghalangi diri dari terik matahari.

Pakailah sepatu yang nyaman seperti sepatu kets, sandal jepit, atau sandal gunung. Jangan memakai sepatu yang dapat membuat Anda sulit berjalan dan tidak leluasa bergerak. Jangan nekat memakai sepatu hak tinggi.

Cari promo. 
 Carilah informasi tentang harga promo di Ancol. Ancol sering mengeluarkan harga promo pada musim liburan sekolah. Kemungkinan Anda mengeluarkan uang lebih sedikit dibandingkan jika Anda berwisata tanpa harga promo.

Utamakan rombongan.  
Agar lebih murah, datanglah dengan beramai-ramai atau rombongan jika ingin berwisata ke Ancol. Beberapa wahana menyediakan harga tiket rombongan yang harganya jauh lebih murah. Selain itu, Ancol merupakan tempat wisata yang lebih seru jika dinikmati secara beramai-ramai.

Membawa baju ganti. 
Beberapa wahana di Ancol berhubungan dengan air ataupun bersimbah keringat. Sebut saja seperti permainan arung jeram di Dunia Fantasi ataupun beberapa atraksi di Ocean Dream Samudra. Oleh karena itu, jangan lupa membawa baju ganti jika nanti pakaian yang Anda kenakan basah. Untuk Atlantis, sudah pasti Anda harus membawa baju ganti dan juga pakaian renang.

Manfaatkan fasilitas transportasi.  
Ancol menyediakan beragam transportasi di dalam lingkungan Ancol. Sebut saja seperti sewa sepeda dan bus. Manfaatkanlah fasilitas tersebut untuk mencapai tempat tujuan wahana Anda. Bus berkeliling ke Ancol dan bisa Anda tumpangi secara gratis.

Jika memungkinkan, Anda tak perlu membawa kendaraan pribadi. Apalagi jika Anda berkunjung di musim padat kunjungan, sehingga rawan kemacetan. Cukup naik saja Trans Jakarta arah Ancol. Lalu lanjutkan dengan memanfaatkan fasilitas transportasi di dalam Ancol.

Bawa barang seperlunya. 
 Janganlah membawa barang yang tidak diperlukan saat berwisata di Ancol. Membawa banyak barang bawaan membuat kita repot dan tidak leluasa. Cukup membawa satu tas saja dengan barang seperti dompet, baju ganti, handuk, botol minum, dan bekal makan. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen Anda berwisata.

Tempat-tempat yang bisa dikunjungi.  
Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi di Ancol. Mulai dari wisata kuliner seperti makan seafood di Bandar Jakarta. Wisata belanja di Pasar Seni Ancol. Naik aneka wahana pemicu adrenalin di Dunia Fantasi. Main air di Atlantis atau mengenal satwa laut di Ocean Dream Samudra. Atau, berenang di pantai-pantai yang ada di Ancol. 

 http://travel.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar