8 Pesan Moral Terbaik Di Anime

Minggu, 04 Maret 2012

 

Setiap hal buruk, pasti punya hal yang baik. Saya tumbuh di lingkungan keluarga Anti-Anime. Kenapa ya orang-orang dewasa bilang bahwa anime menyesatkan umat? Anime hanya untuk tontonan untuk anak kecil? Dan juga ada yang bilang kalau anime itu memancing hal hal berbau 'prevert''. Padahal kalau bisa mengendalikan diri kan gak bakal terjadi hal-hal yang begituan. 


Thx Allah, karena pengalaman ini aku dapat ide untuk memposting.“Apapun yang anda lihat dan rasakan, apakah itu kejadian buruk atau bukan, pengalaman itu berguna untuk anda”. 
Berikut 8 pesan moral terbaik dari anime:

8. Mengajarkan untuk makan sehat
Rata-rata tokoh anime, suka makan banyak hal ini dimaksudkan untuk mendidik generasi muda agar mau makan secara sehat. Kebanyakkan zaman sekarangkan anak-anak males tu makan sayur-sayuran atau buah-buahan. Yang remajanya juga kadang-kadang mau ngemil doang.  Pada 
Makan Bareng
dasarnya yang mengidolakan akan mau mengikuti kebiasaan yang di idolakannya. Kalau tokoh utama makan banyak secara sehat, [mudah-mudahan] yang mengidolakan juga mau mengikuti kebiasaaan makan secara sehat.

7. Pentingnya Berlatih Keras 

Berlatih kera
Berlatih Keras
s untuk meraih cita-cita. Makan itu bermaksud untuk mendapatkan tenaga. Dan tenaga dimaksudkan untuk berusaha, bekerja, berlatih, dan lain sebagainya. Untuk meraih cita-cita, tidak hanya dibutuhkan doa, tapi juga usaha yang gigih.  Di setiap anime, tokoh anime pada umumnya harus berusaha keras untuk mencapai seperti apa yang diharapkannya. Mereka selalu gagal, tapi mereka mencoba untuk bangkit kembali. Semangat seperti inilah yang harus ditiru.

6.Menjadi Inspirasi Bagi Setiap Orang 
i`m Anime Fans
Fans anime selalu merasa terinspirasi (mendapatkan ide) ketika menonton anime atau membaca ‘Manga’ (sebutan untuk komik jepang). Entah itu “Fashion Style” atau “watak-watak khusus anime”, sedikit banyak akan ditiru oleh fans-nya.
*Fashion Style:
Di anime apapun, kostum yang mereka gunakan keren-keren semua. Ujung-ujungnya muncullah “Cosplay” (Sebutan untuk orang yang berpenampilan bagaikan anime). Dan bahkan berbagai aksesoris di anime dijual. Merasa bangga sekali jika kita bisa memakainya. Selain cosplay, penampilan sehari-hari tak lepas dari fashion anime. Entah itu berpenampilan menyerupai anime atau hanya sekedar menggunakan baju yang bermotif anime/mengandung unsur-unsur anime atau menggunakan aksesoris anime.
Bleach Cosplay
*Watak-watak Khusus anime
Salah seorang teman saya sangat menyukai Plue. Kebiasaan plue adalah, dia sangat menyukai lolipop. Merasa belum sempurna hanya dengan nge-fans, akhirnya kebiasaaan Plue itu pun diturutinya, yaitu suka mengkonsumsi lolipop. Dan masih banyak contoh lainnya kalau anda mau memperhatikan sekeliling anda [itupun kalau anda berada di komunitas anime].
Plue
Secara jujur, saya juga mendapat inspirasi untuk bahan postingan blog dari menonton anime atau mendengar lagu anime. Selain itu, saya juga ingin menjadi Yagami Light. Seorang siswa yang amat jenius. Karena desakan hasrat untuk menjadi seperti karakter di anime, akhirnya sekarang saya rajin belajar. Moga-moga aza bisa pintar mirip Yagami. Saya yakin kamu juga pasti punya pendapat lain tentang arti dari “Menjadi Inspirasi Bagi Setiap Orang”. Apakah anime menberikan inspirasi kepada anda? Inspirasi apa yang anda dapatkan?

5. Mengajarkan Arti Kehidupan Yang Sesungguhnya
Anime Detective Conan
Babak-babak yang paling kutunggu saat nonton anime adalah ketika kata-kata mutiara melesat keluar dari kedua bibirnya [Rocket Kali  :D .. ]. Anime tidak hanya sebagai hiburan belaka, tapi juga mengajarkan arti kehidupan yang sesungguhnya.

4. Secara Tak Langsung Memberikan Pesan Moral
anime: Naruto
Salah satu dampak positif dari dari nonton anime adalah Selain menghibur, kita juga dapat pesan moral. Coba bandingkan dengan sinetron Indonesia. Udah bikin kesal, eh yang ada mah pesan moral yang jelek. Masa’ sih karakter utamanya lemah?(khusus sinetron yang ceritanya ada pesta ‘tangis-menagis’).
[Sok Sedih]
Trus klo gak ada karakter yang tugasnya ngerebut harta warisan, rasanya ada yang kurang. Owh produser dan sutradara yang di Indonesia {merintih memohon}, kapan mau maju klo dari jaman dulu untill now ceritanya itu-itu aja [Ha~h, lega diriku setelah ngomel-ngomel].

3. Mengajarkan kekuatan sebuah impian, harapan, keinginan
What is your Goal?
Kebanyakkan orang takut bermimpi. Contohnya, setiap dia punya  impian(ingin punya apa, pergi ke mana, denga siapa) dia perlahan menguburnya dalam-dalam. Menyalahkan keadaan, umur, ini-itulah. Gimana mau menggapai mimpi yang digantung di langit kalau naik pesawat aja takut [artinya: klo membayangkan impian aja takut (artinya yakin bahwa tidak akan tercapai), gimana mau mencapai impian?]
Hal yang paling aku suka ketika menonton anime adalah (selain Opening dan Endingnya), saat seorang karakter di anime mengucapkan impiannya, dia akan menyatakannya dengan bangga. Meskipun kadang ada orang yang medukungnya atau menertawakannya. “Aku ingin punya semangat kuat seperti di anime”.

2. Mengajarkan arti dari persahabatan
Forever Friend

Kita tidak bisa hidup sendiri, kita memerlukan seseorang yang bisa dipercaya. Seseorang yang akan berbagi kebahagiaan, meghilangkan kesedihan, mendukung ketika kita lemah, menceritakan hal-hal jenaka yang membuat kita tertawa, berbagi sekeping roti, mendengarkan masalah kita, dan di setiap anime arti dari persahabatan itu bermacam-macam. Tergantung setiap individu yang menilai anime itu seperti tujuannya apa. Apakah hanya untuk hiburan belaka, atau sekedar … ntah lah aku juga bingung -_-“

1. Menyadari indahnya perbedaan
Indahnya Perbedaan
Tak perlu dipungkiri, keunikkan dan betapa kerennya anime disebabkan oleh beragamnya warna-warna rambut, penampilan yang unik, watak yang berbeda, dan lain-lain. Tapi sebenarnya, bukan itu yang mau kita bahas. Setiap manusia memiliki kisah hidup yang berbeda, begitu pula anime. Ada anime yang bertemakan horror, School Days, Sports, dll. Dalam kehidupan kita bertemu banyak orang yang sikapnya angkuh, sombong,  dermawan, humoris, dll. Begitu Pula anime. Dengan adanya perbedaan itu para mangaka (Pengarang Manga) ingin menyampaikan satu hal: “Jika hidup ini tidak ada yang berbeda, maka segalanya akan tampak mebosankan. Cerita hidup yang berbeda, akan indah sekali jika disampaikan dan dikemas dengan sesuatu yang fresh.
 http://1st-animecyber.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar