6 Langkah Praktis Langsingkan Badan Lewat Pikiran

Sabtu, 03 Maret 2012


Tahukah Anda, kunci dari keberhasilan menurunkan berat badan ternyata bukan dari diet dan olahraga, melainkan dari cara kita berpikir? Setidaknya, inilah yang dilontarkan oleh pakar nutrisi dan olahraga Janet Thomson dalam bukunya, Think More, Eat Less.
"Ada komunikasi non-stop antara pikiran dan tubuh Anda, namun pikiran adalah yang paling penting, karena ia mengarahkan perilaku Anda," katanya.

Ia memprogram suatu latihan pikiran yang menurutnya bisa meningkatkan kesempatan menjadi langsing. Begini caranya:

Pikir tentang bagaimana Anda akan terlihat, dan apa yang Anda rasakan sebulan setelah mencapai berat badan yang Anda inginkan. Kemudian, visualisasikan diri Anda tiga bulan setelah itu, dan enam bulan sesudahnya. Usahakan meluangkan waktu satu menit untuk memvisualisasikan diri Anda seperti ini, sebelum tidur malam dan ketika bangun tidur (saat masih dalam kondisi mengantuk). Emosi positif seperti ini membantu memberi keyakinan pada kemampuan Anda untuk sukses.

Tulis secara spesifik apa yang ingin Anda capai. Apakah agar bisa memakai pakaian dengan ukuran M lagi? Apakah agar lingkar pinggang jeans favorit Anda tak terasa sempit lagi? Kemudian, tulis apa yang Anda siapkan untuk mencapai hal tersebut. Misalnya, akan mengurangi porsi makan, atau akan mulai rutin jogging. Baca keras-keras pernyataan Anda ini dua kali sehari.
Identifikasi pikiran dan perilaku yang mungkin menghambat Anda dalam mencapai tujuan di masa lalu. Buat daftar berisi hal-hal yang membuat Anda gemuk, seperti terlalu banyak ngemil atau tidak disiplin mengatur pola makan. Lalu tulis daftar berisi kebiasaan baru untuk mengubah hal-hal tersebut, contohnya hanya ngemil pukul 16.00 atau menambah porsi sayur setiap hari.

Buat catatan mengenai makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Menurut penelitian, meskipun Anda tidak dengan sengaja membatasi asupan makanan, jurnal makanan seperti ini membuat Anda lebih sadar apa yang Anda makan. 
Luangkan waktu bersama orang-orang yang berprinsip sama, yang sudah atau ingin mencapai tujuan yang sama. Dengan siapa Anda menghabiskan waktu sehari-hari sangat memengaruhi perilaku Anda lho, karena pikiran bahwa sadar Anda akan terus memproses pengalaman mereka maupun Anda.

Ikuti dua aturan makan sederhana ini: jangan menggunakan makanan sebagai hadiah; makanlah hanya ketika tubuh membutuhkan energi, dan berikan "bahan bakar" terbaik untuk energi tersebut. Kemudian, jangan pernah membatasi diri Anda untuk makan sesuatu, karena hasilnya hanya membuat Anda ingin makan lebih banyak.
Nah, silakan mencoba.

 http://female.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar