11 Tipe Teman Facebook yang Menyebalkan

Selasa, 20 Maret 2012

 Facebook Timeline (facebook.com)
Suka atau tidak, Facebook masih menjadi jejaring sosial terbesar.
Dengan Facebook, Anda pun terhubung dengan banyak orang dalam semua lingkar kehidupan, dari keluarga, teman dekat, teman masa kecil, tetangga, rekan kerja, mungkin hingga tukang sayur langganan Anda.

Karena itu banyak ragam karakter dari teman Anda di Facebook. Banyak pula teman Facebook Anda yang mungkin terasa menyebalkan.

Mengutip CNN, ini beberapa di antaranya.

Pengabar Kebosanan
Sebenarnya, ini karakter yang paling sering dijumpai. Mungkin Anda pun termasuk kategori orang yang mengabarkan aktivitas sehari-hari, tapi membosankan. Misalnya menulis di status tentang "terjebak macet" atau "bosan sama kerjaan". Mungkin awalnya Anda terbiasa, tapi keseringan hanya bikin Anda merasa sebal.

Promosi Diri Sendiri
Mungkin tidak masalah jika Anda 'sedikit' menyombongkan suatu prestasi yang Anda raih. Namun tentu orang akan sebal terhadap orang yang terus pamer di Facebook. Baik itu pamer karier, pamer harta, atau pamer kebahagiaan berkeluarga. Entah melalui link, atau foto yang diunggah.

Penyebar Hoax
Ini jenis orang yang selalu ingin menjadi pertama yang mengabarkan sesuatu. Ketika Michael Jackson meninggal, tipe seperti ini ingin menjadi orang yang pertama kali mengumumkan. Sialnya, terkadang tipe Facebooker seperti ini juga mengabarkan gosip yang belum terkonfirmasi. Apalagi, saat ini banyak hoax yang didapat dari BlackBerry Messenger yang mengabarkan kematian orang terkenal.

Informasi Berlebih
 Orang seperti ini merupakan yang tidak memiliki batasan antara ranah privasi dan ranah publik. Ya, setiap orang punya masalah. Tapi, Anda tentu tidak ingin membaca kabar rencana teman Anda yang ingin menceraikan pasangannya di Facebook, bukan?

Ejaan Kacau nan 'Alay'
 Ini tipe-tipe Facebooker 'alay', yang sering mengacaukan bahasa dengan gabungan kata dan huruf. Tentu Anda juga benci untuk menjadi Grammar Nazi. Tapi memang bahasa 'alay' sulit untuk ditoleransi.

Pemancing Simpati
Tipe ini biasanya sering menulis kesedihan di status Facebook. Tentu Anda memang ikut berduka cita jika itu adalah kabar duka yang ditulis. Tapi, tentu semua orang akan benci dengan orang yang memanipulasi kesedihan, hanya untuk mendapat simpati orang lain.

Pengintip dan Penguntit
 Ada banyak orang yang jarang aktif di Facebook, baik itu menulis status atau komentar. Tapi suatu ketika ada orang dengan tipe tersebut yang mengomentari suatu hal yang Anda posting di Facebook, entah itu status atau foto Anda bersama pasangan. Tentu sedikit mengerikan, bukan?

Pemarah
 Ini tipe orang yang sering marah-marah dan berkomentar jelek di Facebook. Seolah-olah, tidak ada hal baik yang ditemuinya di kesehariannya. Tentu Anda menghindari kata-kata omelan, termasuk di Facebook.

Papparazzi
Ini merupakan tipe orang yang sering mengambil foto Anda, terutama saat Anda sedang melakukan sesuatu yang memalukan. Tak hanya itu, bahkan tipe ini akan men-tag orang lain untuk menimbulkan kehebohan, yang tentu saja membuat Anda malu.

Para Pengajak

Ini tipe orang yang sering mengajak Anda mendukung petisi yang dia buat di Facebook, atau invite agar jadi tetangga di permainan CityVille. Sekali atau dua kali tentu biasa, tapi Anda akan sebal jika tiap hari menerima undangan yang sama dari orang yang sama, yang juga akan Anda perlakukan sama: mengabaikannya.

Jualan
Facebook memang sarana yang tepat untuk mempromosikan sesuatu. Tapi tiap hari dicekoki dengan dagangan, tentu itu akan mengganggu Anda. (umi)

• VIVAnews

0 komentar:

Poskan Komentar