10 Faktor yang Membuat Mobil Mudah Dicuri

Kamis, 22 Maret 2012


Modus pelaku pencurian mobil semakin beragam dan berkembang, mulai dari cara konvensional hingga menggunakan teknologi tinggi.

Para pelaku kejahatan punya berbagai cara untuk bisa mendapat target operasinya. Terkadang mobil-mobil yang sudah dilengkapi dengan teknologi anti pencurian masih tetap bisa mereka gasak.

Dilansir Automotto, Kamis 22 Maret 2012, pencurian kendaraan terus meningkat seiring bertambahnya penduduk, yang dibarengi dengan pertumbuhan jumlah mobil.

Berikut 10 faktor yang perlu diperhatikan agar mobil Anda tidak mudah dicuri:

1. Sistem starter paksa
Cara ini adalah salah satu trik yang dilakukan penjahat. Setelah mereka berhasil membuka pintu kendaraan, para penjahat akan merusak kunci kontak mobil dan mengeluarkan kabel untuk dihubungkan dengan switch yang menghidupkan kendaraan.

2. Sistem dorong atau derek
Hal ini dilakukan dengan mudah oleh para pelaku kejahatan dengan mengangkat menggunakan mobil derek atau membobol pintu mobil dan melepas rem tangan untuk didorong pergi.

3. Pemalsuan dokumen
Metode ini dilakukan ketika sebuah mobil yang baru dicuri akan dijual. Pencuri bertindak sebagai pemilik asli dari mobil tersebut. Jika mencapai kesepakatan harga, mereka menunjukkan dokumen dari bank tentang mobil tersebut pada malam hari atau akhir pekan.

Dimana bank tutup pada waktu itu. Sehingga pihak penjual tidak dapat menghubungi pihak bank untuk mengecek asli atau tidaknya dokumen dari bank tersebut.

4. Duplikat kunci
Trik ini dilakukan pencuri dengan memanfaatkan kesempatan yang ada. Mereka akan menduplikat kunci kendaraan tertentu setelah melakukan pencurian di rumah target. Hal ini tentunya akan semakin berbahaya bila di dalam mobil terdapat dokumen penting yang beresiko hilang.

5. Kunci Cadangan
Penjahat mungkin akan mengambil kunci kedua atau cadangan dari kendaraan pemilik. Kunci cadangan tersebut akan dilacak keberadaannya oleh pencuri dan mengambil setiap kesempatan.

6. Parkir di daerah yang tidak aman.
Di area parkir ini menjadi tempat favorit bagi pencuri karena mereka dengan mudah dapat memantau dengan leluasa mobil incaran.

7. Kunci dicuri di dalam rumah
Beberapa pencuri menggunakan cara masuk ke dalam rumah incarannya hanya untuk mencuri kunci mobil dan terkadang menggunakan mobil curian tersebut untuk membawa barang-barang di dalam rumah hasil curian lainnya.

8. Iklan alarm mobil
Ada beberapa iklan yang melayani pesanan jenis alarm dari mobil yang dimiliki, sehingga ini memudahkan para pencuri. Selain itu, ada cara lain yang dilakukan komplotan pencuri dengan menggunakan program software pada laptop melalui sensor, untuk membuka kunci mobil, hingga menghidupkan mesin.

9. Memecahkan Kaca

Cara seperti ini menggunakan metode membelah kaca dengan alat pemotong khusus, sehingga pecahan kaca terlihat baik. Setelah kaca terbuka, dengan mudah pencuri membuka pintu mobil untuk mengambil alih kemudi seluruhnya.

10. Pencuri oportunis
Pencuri seperti ini adalah pencuri yang menggunakan setiap kesempatan dengan sebaik-baiknya. Bila kunci kendaraan di dalam, maka pencuri langsung bergegas membawa kabur mobil curian. (adi)

• VIVAnews

0 komentar:

Poskan Komentar