Cacat, Baru 2 Bulan Diresmikan dan Habiskan 136 Miliar, Baja Jembatan Siak III Riau Bengkok

Minggu, 12 Februari 2012


Pekanbaru - Hati-hati melintas di Jembatan Siak III di Pekanbaru. Bagian tengah jembatan yang baru dua bulan difungsikan ini, melengkung ke bawah. Warga khawatir jembatan akan ambruk.

Jembatan sepanjang 520 meter ini terletak di kawasan Pasar Bawah Kecamatan Senapelan, Pekanbaru, menghubungkan ke Kecamatan Rumbai. Gubernur Riau Rusli Zainal meresmikan penggunaannya pada akhir tahun 2011. Selain sebagai pengurai kemacetan, jembatan ini difungsikan sebagai sarana pendukung Pekan Olahraga Nasional (PON).

Total dana yang dihabiskan dalam pembangunan jembatan ini kurang lebih Rp 136 miliar.

Berdasarkan pantauan, bagian tengah jembatan melengkung kebawah. Sehingga bila turun hujan, air menggenang. Masyarakat Pekanbaru pun khawatir jembatan ambruk sebagaimana terjadi di Kutai Kartanageara, Kalimatan Timur.

"Sangat jelas sekali, bajanya sudah bengkok, melengkung kebawah. Padahal baru dua bulan difungsikan," kata Syahrul, warga Kecamatan Rumbai, Pekanbaru kepada detikcom, Jumat (10/2/2012) di Pekanbaru.

Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau mengakui bila jembatan tersebut cacat. Namun bukan berarti jembatan lantas ditutup. Kondisi baja besi yang melengkung dinilai tidak membahayakan.

"Besi yang bengkok sah-sah saja. Namun demikian jembatan masih layak untuk dilalui," kata Ketua DPU Riau, Haryanto kepada wartawan.

Haryanto mengklaim, jembatan tersebut mampu menampung beban seberat 80 ton dan diusulkan mendapatkan sertifikat sebagai pioner jembatan panjang.

0 komentar:

Posting Komentar