Keren! Ada Jembatan Nabi Musa di Berger op Zoom, Belanda

Minggu, 08 Januari 2012


AMSTERDAM (Pos Kota) – Berjalan di atas air tanpa kaki menjadi basah, mungkin ini terdengar mustahil tapi bisa terjadi di Halsteren, sebuah desa kecil yang terletak di Berger op Zoom, Belanda selatan.

Sebuah jembatan dibangun untuk menghubungkan sebuah bentang tua yang terisolasi dengan dunia luar. Jembatan ini bernama jembatan Musa.


Benteng Roovere merupakan bagian dari garis pertahanan yang dibuat Belanda pada tahun 1622 untuk melindungi diri dari serangan Prancis dan Spanyol. Lima belas tahun yang lalu pemerintah memutuskan untuk merestorasi benteng yang sudah terbengkalai.

Menurut Ad Kil,  salah satu perancang jembatan Musa, “Sebuah jembatan harus dibangun untuk menghubungkan ke benteng, tapi berarti benteng akan terhubung dengan pihak musuh”.

“Kami berpendapat ini tidak cocok bagi benteng Roovere. Karena itu kami menciptakan sebuah jembatan yang hampir tak terlihat. 

Jembatan itu dibuat dari kayu, mengikuti liku-liku tanah dan benteng serta ketinggian air,  bisa mengambang dan menyesuaikan dengan ketinggian air, dan bila musim salju tiba, di atasnya bisa dilewati.

Meski hanya dirancang beberapa jam, namun jembatan ini berkualitas tinggi. Dari jauh, tak nampak di atasnya ada jembatan.

Kil sangat bangga dengan hasil akhirnya.  “Jembatan itu designnya sangat sederhana, tapi mengandung inspirasi yang puitis”


0 komentar:

Posting Komentar