Akses Enkripsi Pesan BlackBerry, Polisi Berhasil Ungkap Kasus Pembunuhan

Jumat, 06 Januari 2012

 
Montreal (ANTARA News) -  Polisi Kanada telah menggunakan pesan BlackBerry tersangka pembunuhan seorang bos mafia New York untuk menyingkap kasus ini, lapor sebuah koran yang berbasis di Montreal, mengutip sejumlah sumber seperti dilaporkan AFP.
Para tersangka pembunuhan Montagna dilaporkan kaget setelah mengetahui polisi Quebec bisa mengakses komunikasi rahasia mereka, tulis koran tersebut.

Lima tersangka pembunuhan bos mafia Salvatore Montagna yang ditembak mati November lalu dan punya kaitan dengan Kanada dan AS,  telah ditangkap bulan lalu.

Pesan-pesan mencurigakan yang dikirimkan salah seorang tersangka bernama Vittorio Mirarchi yang adalah pengusaha yang diduga mempunyai kaitan dengan sang mafia, berujung kepada penangkapan para tersangka, tulis koran La Presse.

Enkripsi Blalckberry yang sulit dibobol dan dipalsukan selama ini menjadi dambaan para pengusaha dan politisi yang ingin menjaga keamanan komunikasi mereka.

Namun berbagai penguasa di seluruh dunia menuntut akses dari Research In Motion (pembuat Blackberry) kepada komunikasi BlackBerry untuk menjejak aktivitas kriminal dan teroris serta mencegat pesan untuk tujuan tertentu.

Polisi enggan mengungkapkan apakah mereka telah membobol enkripsi BlackBerry atau malah RIM telah memberi mereka akses ke server-server RIM.

Sementara itu, RIM mengeluarkan pernyataaan operasional standard-nya dengan menegaskan bahwa perusahaan itu akan melindungi privasi penggunanya di negara mana pun RIM beroperasi.  (*)
 

0 komentar:

Posting Komentar