9 Tip Agar Kicauan Anda di-Retweet di Twitter

Senin, 02 Januari 2012

 
Jakarta -Retweets adalah tulang punggung jaringan di twitter. Soalnya retweet dapat menyebarkan pesan dari satu akun twitter ke akun lain. Dengan kata lain, satu pesan bisa mencapai 100 juta pengguna akun lainnya.

Penggambaran di atas mungkin hiperbola, tapi semua itu mungkin karena semuanya terkoneksi melalui jaringan. Untuk membuat kicauan Anda banyak di-retweet, butuh upaya dan kerja keras. Anda tidak bisa menulis sampah dan berharap jaringan akan menggandalkan pesan Anda. Semuanya perlu usaha. Ini yang bisa Anda upayakan:

1. Miliki nama akun yang pendek dan masuk akal.

Nama akun yang normal maksimal adalah 15 karakter. Jika anda memiliki akun dengan nama aneh, maka jika di retweet orang akan semakin aneh, apalagi jika lebih dari satu orang meretweet. Anda bisa mengubah username kapan saja, tapi pikir-pikirlah jika nama akun anda lebih dari 10 karakter.

2. Berilah cukup ruangan bagi orang untuk meretweet pesan anda.

Jika orang harus mengedit tweet anda yang panjang, mereka akan dengan senang hati, karena selain nama anda tidak menyusahkan, masih ada tempat buat nama akun peretweet. Jika anda memang malas, coba mulai sekarang, buat tweet pendek dan sisakan minimal 20 karakter buat mereka yang akan meretweet.

3. Pelajari apa yang pembaca anda ingin baca.

Ini mungkin terdengar sulit, tapi sebenarnya sangat mudah. Untuk meningkatkan peluang retweet dan klik, atau untuk memastikan bahwa seseorang membaca pesan anda, maka anda harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk mempelajari apa sebenarnya yang paling banyak direspon jaringan anda.

Tidak perlu mengubah diri anda untuk mencapai standari ini. Tapi coba pikirkan bahwa orang-orang akan tertarik dengan bukti-bukti seperti data.

4. Bagilah hal yang menarik atau konten unik.

5. Cobalah untuk jadi yang pertama mengabarkan.

Jika Anda tak bisa jadi yang pertama, maka jadilah yang terbaik. Buat tweet Anda menarik, lucu atau penuh pemikiran. Tapi ingat jangan pernah berbohong, sekali Anda berbohong, maka tidak akan ada orang yang mau mengklik atau percaya yang Anda katakan.

Sedikit bunga-bunga atau "lebay" masih wajar. Apalagi humor dan kisah jenaka. Buatlah tweet yang membuat orang gatal untuk ikut komentar.

6. Selalu gunakan bit.ly atau link penyingkat lainnya to untuk menyingkat link.

Alasannya? karena tidak ada yang suka dengan link panjang. Jika anda menggunakan tinyurl, maka sangat jarang orang membaca pesan Anda

7 Gunakan tata bahasa yang sempurna dengan tanda baca yang benar.

Baca sebentar sebelum memposting tweet anda. Salah satu tips adalah hindari tanda baca titik dua. Begitu juga singkatan yang agak aneh seperti ak untuk aku. Dan cobalah untuk menghindari singkatan seperti LOL, RFLO, LFMAO dan sebagainya.

8. Tetaplah konsisten

Jika orang-orang tidak tahu apa yang bisa mereka peroleh dari anda, maka mereka tidak akan nyaman berbagi isi konten tweet anda di jaringan mereka.

9. Jangan jadi robot

Jangan hanya copy dan paste berita dari orang lain. Lalu jika anda menggunakan twitter feeds, maka tinjau dulu tweet Anda sebelum posting.

Ingat, nama anda yang akan keluar di dunia 140 karakter yang riuh ini. Mudah-mudahan, nama baik lah yang akan dingat. Oiya, jangan pula terlena dengan banyaknya akun yang meretweet pesan Anda. Tapi jika ada satu akun yang bukan bot di antara ratusan orang yang secara rutin meretweet pesan Anda, percayalah Anda sudah berada di jalan yang benar.

0 komentar:

Posting Komentar