6 "Dosa" Penyebab Terjadinya Penuaan Dini

Sabtu, 07 Januari 2012

Kebiasaan buruk yang kita lakukan tanpa sadar bisa jadi bom waktu untuk kulit. Jangan salahkan bila nantinya mulai muncul kerut dan flek yang membuat kita terlihat lebih tua dari usia seharusnya. Seperti terbiasa tidur dengan muka full make up? Atau malah kita suka bergonta-ganti produk kecantikan? Jangan pandang sebelah mata kebiasaan buruk ini. Jika tak segera diperbaiki, kulit bisa jadi kehilangan keremajaannya lebih dini.
Jangan terlambat mengatasinya. Segera buang jauh-jauh 6 kebiasaan merusak ini:


Melupakan sunscreen
“Sinar matahari merupakan penyebab utama terjadinya penuaan kulit,” kata Neil Sadick, MD, dermatolog asal New York. Jangan salah, walau terhalang awan, sinar matahari tetap dapat sampai ke kulit seperti saat cerah. Bahkan, Dr. Sadick juga mengatakan sinar UV yang merusak kulit juga dapat mencapai kulit berkat bantuan kaca. Jadi, ada baiknya kita selalu menggunakan sun protection walau melakukan aktivitas di dalam ruangan.
Ia menganjurkan untuk memilih sunscreen yang memiliki perlindungan luas dan bisa menghalangi UVA sekaligus UVB. Selain itu, pilihlah sunscreen yang juga diperkaya oleh formula antioksidan seperti resveratrol, vitamin C, atau idebenone. Formula ini akan memberikan perlindungan ekstra terhadap radikal bebas.

Mengacuhkan bagian tangan dan leher
Wajah bukan satu-satunya yang butuh dilindungi. Paparan sinar matahari berlebih pada kulit tangan dan leher juga akan menimbulkan masalah yang sama besarnya. Dr. Sadick menambahkan, kedua area ini juga menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti, munculnya bintik hitam, kering, dan hilangnya kekencangan kulit.
Rawatlah bagian leher dan punggung tangan seperti kita merawat kulit wajah. Gunakan pelembab dan sunscreen pada keduanya.

Pergi tidur menggunakan make up
Terlalu lelah. Hal inilah yang biasa kita jadikan alasan apabila tidur dengan wajah full make up. Namun, tidak membersihkan riasan sebelum tidur bisa jadi bencana besar di kemudian hari. Sepanjang hari, racun-racun yang berasal dari lingkungan (seperti debu dan polusi) akan menempel pada kulit dan menyumbat pori-pori. “Hal ini bisa menimbulkan masalah yang kompleks,” papar Dr. Sadick.
Jadi, jangan pergi tidur sebelum melakukan pembersihan wajah. Gunakan pembersih yang baik dan selamatkan kulit wajah tersayang. Siapkan sekotak pembersih dan perawatan wajah di sisi tempat tidur agar kita lebih mudah membersihkan muka sebelum beristirahat.

Menyingkirkan produk perawatan terlalu cepat
Marilah kita jujur pada diri sendiri. Seringkali kita cepat merasa tidak puas terhadap produk anti penuaan yang sedang digunakan saat ini karena produk tersebut tidak kunjung memberikan hasil. Padahal bisa jadi yang kita butuhkan adalah bersabar sedikit lebih lama.
Bergonta-ganti produk akan menimbulkan kesan bahwa tidak ada satu pun produk yang cocok dengan kulit. Gunakanlah sebuah produk perawatan setidaknya selama 6 minggu. Dalam kurun waktu ini, produk tersebut akan memperlihatkan sebuah perubahan yang cukup memuaskan pada kulit.
“Kulit memiliki siklus selama 30 hari (dari sebuah sel baru hingga mencapai bagian teratas kulit). Jadi, untuk melihat perbedaan nyata dari tekstur dan kekencangan kulit, kita perlu menggunakan produk tersebut lebih dari 1 bulan,” jelas Carolyn Jacob, MD, kepala Chicago Cosmetic Surgery and Dermatology.
Jika produk tersebut memiliki bahan-bahan anti penuaan, kita justru harus bersabar lebih lama. Dr Jacob mengatakan kulit membutuhkan waktu 4 bulan untuk meregenerasi kolagen dan elastin.

Menggunakan beberapa produk perawatan sekaligus
Menggunakan pelembab yang dikombinasikan dengan serum, toner, dan krim malam belum tentu selalu memberikan hasil terbaik. Jika kulit teriritasi karenanya, kita tak akan tahu sebab dari iritasi tersebut. Kita hanya akan menyimpulkan bahwa semua produk itulah yang menyebabkan kondisi kulit menjadi demikian.
“Mulailah dengan satu produk perawatan terlebih dahulu. Lalu, integrasikan dengan satu produk baru lain setiap 2 minggu,” kata Dr. Jacob. Dengan cara ini, kita akan bisa mengidentifikasi mana produk yang baik bagi kulit atau mana kombinasi yang justru merusak keremajaan kulit. Selain itu, kita pun akan memotong pengeluaran karena hanya akan membeli produk perawatan yang memang dibutuhkan.

Menghemat waktu tidur
Kurangnya waktu tidur akan membuat kulit menua secara prematur. Selain itu, jangan heran jika di sekitar mata timbul lingkaran hitam. Sepanjang hari, sel-sel kulit berperang melawan serangan-serangan radikal bebas dari luar, seperti sinar UV dan polusi. Tidur merupakan hal yang sangat penting karena di saat itulah hormon stres turun hingga tingkat normal.
“Di waktu inilah sel-sel diberi waktu untuk memperbaiki dan meremajakan diri kembali,” kata Dr. Jacob. Selain itu, stres akan menaikkan level hormon kortisol yang meningkatkan produksi minyak yang bisa menimbulkan jerawat. Oleh karena itu, jangan pelit tidur nyenyak untuk mendapatkan kulit lebih muda. 
 

0 komentar:

Posting Komentar