5 Rekor Jembatan Tersibuk, Tertinggi, Terluas, Terbanyak di Foto dan Tertua di Dunia

Senin, 09 Januari 2012

KEBANYAKAN jembatan di dunia hanyalah penghubung dua wilayah darat yang dipisahkan sungai dan lautan. Namun semakin maju akal manusia, makin maju pula peradaban.

Majunya peradaban juga menyentuh teknologi pembuatan jembatan. Kini, manusia bahkan bisa membuat jembatan yang panjang dan menarik. Dari kebanyakan jembatan, simak 5 jembatan yang mencetak cerita mengagumkan, seperti dikutip Journeyetc, Sabtu (7/1/2012).

Tersibuk: Jembatan George Washington, New York

Jembatan yang menghubungkan Manhattan ke New Jersey ini mampu menampung 51 juta kendaraan tahun lalu. Jumlah tersebut mungkin tampak besar, tetapi mudah saja karena jembatan ini memiliki 14 jalur lalu lintas (tingkat atas dan bawah). Bagi wisatawan, disarankan memilih tur pada malam hari dengan sajian lampu yang indah.

Tertinggi: Jembatan Baluarte di Meksiko
 
Meksiko baru saja menggusur Prancis setelah meresmikan Jembatan Baluarte setinggi 430 meter kemarin. Jembatan yang membentang di atas jurang di Pegunungan Sierra Madre Occidental di Meksiko utara itu tercatat sebagai jembatan tertinggi di dunia, mengalahkan Millau Viaduct ( 343 meter) di Millau,Prancis. Jembatan sepanjang 1.124 meter.


Terluas: Jembatan Harbour, Sydney, Australia
Jembatan yang menghubungkan distrik bisnis yang sibuk Australia ke bagian perumahan di North Shore membuatnya menjadi rute utama untuk komuter. Jembatan ini mampu menampung delapan jalur lalu lintas selain dua rel kereta api, jalan, dan jalur sepeda untuk orang-orang. Anda dapat menikmati pemandangan kota saat naik 200 langkah dari menara Pylon Lookout yang terletak di sisi timur Harbour Bridge.

Terbanyak difoto: Jembatan Golden Gate di California, Amerika Serikat
Cat oranye cerah yang menonjol di antara lingkungan yang kerap berkabut membuat Jembatan Golden Gate sasaran empuk para turis dunia. Kehadirannya yang menjulang memungkinkannya dilihat dari banyak sudut pandang, membuatnya mudah untuk menjadi objek fotografer.

Tertua: Jembatan Caravan, Turki
Jembatan Caravan di Izmir, Turki menghubungkan tepi sungai Meles. Ini mungkin tampak biasa-biasa saja, dengan luas hanya 42,5 meter. Secara fisik, ini hanya sebuah lempengan batu yang sederhana. Namun, Homer dan Santo Paulus diyakini telah berjalan menyeberangi jembatan karena umurnya yang luar biasa, hampir 3.000 tahun karena dibangun pada 850 SM.

0 komentar:

Posting Komentar