Ini Dia 5 Ramalan Tren Jagat Fotografi di 2012

Jumat, 30 Desember 2011


Jakarta - Kamera, baik kamera ponsel maupun stand-alone camera selalu mengalami perubahan dan perbaikan dari waktu ke waktu. Fitur yang diperkaya, performa yang ditingkatkan, dan lain-lain.

Jelang tutup tahun ini, menarik melihat prediksi tren fotografi pada tahun depan di mana kamera Interchangeable-Lens (ILC) dan Lytro agaknya makin menggugah minat para vendor. Berikut sekilas ramalan di dunia fotografi tahun 2012 seperti yang dilansir detikINET dari PCWorld, Jumat (30/12/2011):


1. Sensor CMOS
Sensor CMOS menawarkan kecepatan dan performa yang menghasilkan fiur-fitur yang mumpuni. Piranti yang memakai CMOS biasanya sudah bisa merekam video HD 1080p, burst mode yang super cepat, dan lain-lain.

Sensor ini kini banyak disematkan di kamera-kamera jenis DSLR maupun kamera saku. Untuk tren di tahun 2012, diprediksi bahwa piranti smartphone makin ramai memakai sensor CMOS.

Sejauh ini sudah ada smartphone yang sudah dilengkapi dengan CMOS antara lain HTC Amaze. Ponsel ini memiliki kecanggihan seperti motion-controlled panorama mode, multiexposure HDR dan burst mode hingga 5 fps.

2. Ponsel dengan Quad Core
Sesuai dengan prediksi bahwa smartphone di tahun 2012 akan menggunakan prosessor quad-core, maka kemungkinan besar performa kamera di smartphone akan makin bersaing ketat dengan kamera pocket. Kekuatan quad core akan memungkinkan fitur seperti burst mode yang lebih cepat, noise reduction yang mumpuni serta built-in effect filter.

3. Zoom Panjang, Bukaan Lebar, Manual Control dan 'Tahan Banting'
Berbarengan dengan makin unggulnya kamera yang dimiliki ponsel pintar, kamera pocket juga makin meningkatkan kemampuannya terutama untuk point-point yang tidak mungkin dilakukan oleh pabrikan smartphone.

Kamera pocket megazoom akan makin ringkas, memiliki bukaan yang makin lebar, serta penambahan manual exposure control. Dibandingkan dengan kebanyakan kamera ponsel, model-model dengan keunggulan tersebut mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang lebih baik dan memiliki efek depth of field (DoF) yang dalam.

Prediksi lainnya ialah bahwa akan makin banyak pabrikan kamera yang memproduki kamera tahan banting, tahan air dan tahan debu untuk pemotrean 'ekstrim'.

4. Makin Maraknya Kamera Interchangeable-Lens (ILC)
Beberapa tahun terakhir ini, kamera kompak interchangeable-lens membanjiri pasar, apalagi ditambah dengan datangnya pemain baru di kategori ini seperti Nikon dan Pentax.

Tahun 2012 diprediksi, kamera model ILC akan makin bervariasi, dengan banyak model yang menyasar berbagai macam tipe pengguna.

Panasonic, Olympus dan Sony sudah mengeluarkan berbagai model untuk lini ini, dari mulai ultraportable untuk fotografer pemula hingga mode yang lebih canggih guna menyaingi kamera DSLR. Kita tunggu saja, model-model apa saja yang akan hadir pada tahun depan.

5. Lytro
Dari semua kamera yang ada sekarang, belum ada yang memiliki kemampuan fotografi light-field. Karena itulah ketika Lytro muncul, ia menjadi perbincangan yang ramai.

Lytro dijadwalkan akan dipasarkan pada kuartal pertama tahun 2012. Ia adalah kamera konsumen pertama yang memungkinkan pengguna untuk memilih focus point setelah menekan tombol bidik. Kamera tersebut termasuk adalah kamera yang inovatif. Ada kemungkinan pabrikan kamera lain membuat produk dengan kemampuan serupa di tahun 2012.

SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar