Desainer iPhone Gelar Kebangsawanan Kerajaan Inggris

Sabtu, 31 Desember 2011


London - Jonathan Ive, kepala desain Apple akan mendapatkan gelar kebangsawanan dari Kerajaan Inggris. Ive masuk di dalam daftar penerima gelar kebangsawanan 2012 New Year Honours List.

Ive pun akan menyandang Knight Commander of the British Empire (KBE), salah satu gelar tinggi dari Kerajaan Inggris. Ia berhak memakai sebutan Sir di depan namanya.


Ive bekerja untuk Apple sejak tahun 1992 dan telah mencatat berbagai prestasi luar biasa. Ia adalah otak di balik desain perangkat revolusioner Apple seperti iPod dan iPhone.

Ive yang lahir di Chingford, Inggris pun menyatakan kegembiraannya. Ia sangat berterima kasih dinyatakan pantas mendapatkan gelar ksatria tersebut.

"Saya sadar bahwa saya diuntungkan dari tradisi bagus di Inggris dalam soal desain dan pembuatan. Sejak usia kecil saya memang hanya ingin mendesain," sebut Ive.

Ive lahir tahun 1967 dan menyelesaikan pendidikan di Northumbria University jurusan desain industri. Dia sempat mendirikan sebuah perusahaan desain sebelum direkrut Apple yang menyukai hasil desainnya.

Kedatangan kembali Steve Jobs menahkodai Apple pada pertengahan tahun 1990-an membuat keduanya bekerja sama erat. Sebelumnya, Apple terancam bangkrut dan membuat Ive sedikit frustrasi.

"Apa yang membuat Ive sangat sukses adalah relasinya dengan Steve Jobs dan Apple. Dia telah bekerja di sana selama 19 tahun," kata Deyan Sudjic, direktur di The Design Museum, dikutip detikINET dari BBC, Sabtu (31/12/2011).

Dalam biografi resminya, Steve Jobs mendeskripsikan Ive sebagai partner spritualnya. Ive juga memuji Jobs walau kadang tidak suka karena Jobs kadang menyatakan inovasi dari tim desain adalah buatannya sendiri.

Kekuatan desain Ive dikombinasi dengan perhatian mendalam Jobs pada detail memang menjadi salah satu faktor utama kesuksesan Apple. Desain produk mereka selalu terlihat cantik dan elegan.

SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar